Saturday, 28-05-2022
  • Ahlan Wa Sahlan, Selamat Datang Di Website Resmi Pondok Pesantren Ar-Risalah Cariu

KEGEMBIRAAN MENYAMBUT BULAN SUCI RAMADHAN

Diterbitkan :

Matahari berdzikir, angin bertasbih dan Pepohonan memuji keagungan-Mu Semua menyambut datangnya Seribu Bulan Selamat datang Ramadhan Selamat beribadah puasa Mohon maaf lahir dan batin.

Kata Ramadan berasal dari akar kata bahasa Arab ramiḍa atau ar-ramaḍ, yang berarti panas yang menghanguskan atau kekeringan,Orang lebih memahami ‘panas’nya Ramadan secara kiasan.Kiasan ini merujuk pada hari-hari dimana orang berpuasa, tenggorokan terasa panas karena kehausan. Diharapkan dengan ibadah-ibadah Ramadan maka dosa-dosa terdahulu menjadi hangus terbakar dan orang yang berpuasa tak lagi berdosa. Bulan Ramadan diawali dengan penentuan bulan sabit sebagai pertanda bulan baru.

Keistimewaan bulan Ramadan bagi pemeluk agama Islam tergambar pada Alquran pada surah Al-Baqarah ayat 183 yang berbunyi:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa.”- (Al-Baqarah 2: 183)

Ada beberapa poin penting di bulan suci ramadhan ini diantaranya :

  • Ada baiknya kita menyambut bulan suci Ramadhan dengan bersuka cita, gembira dan senang. Karena Ramadhan adalah karunia Allah atas hamba-hamba-Nya.
  • Kita juga perlu bertekad untuk mengisi bulan Ramadhan tahun ini dengan sebaik-baiknya. Karena bisa jadi bulan Ramdhan ini adalah yang terakhir bagi kita.
  • Bertawakal dan ber-isti’anahkepada Allah. Karena tidak sekejap mata pun kebaikan akan dapat kita lakukan tanpa taufiq dan pertolongan dari-Nya.
  • Bertobat kepada Allah atas segala dosa. Jadikan bulan Ramadhan sekarang ini sebagai ladang pengampunan atas dosa-dosa yang telah kita perbuat. Pentingnya memperbanyak dzikir dan membaca Al-Qur’an di bulan suci Ramadhan ini karena “Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)”. (QS. Al Baqarah: 185).

Kita harus mendekatkan diri kepada Allah di bulan yang penuh keberkahan ini agar kita selalu dalam lindungan serta keberkahan rahmat-Nya.

Penulis : Media Center Pesantren Ar-Risalah Cariu

Tulisan Lainnya

MAPS PESANTREN

INFO PESANTREN

PESANTREN AR-RISALAH CARIU

NSPN : -
Jalan Raya Jonggol - Cariu Desa Nyomot, Kp. Tegal Panjang - Bogor Timur - Indonesia
TELEPON 021-89960022
EMAIL arrisalahcariu@gmail.com
WHATSAPP +62 878-6974-3819