Wednesday, 20-10-2021
  • Ahlan Wa Sahlan, Selamat Datang Di Website Resmi Pondok Pesantren Ar-Risalah Cariu

Kali Pertama Pelaksanaan Assesmen Nasional SMP IT Ar-Risalah

Diterbitkan :

Kemendikbud: “Assesment Nasional adalah program penilaian terhadap mutu pendidikan di setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah” Terdapat tiga instrumen dalam pelaksanaan Assesmen Nasional yaitu Assesmen Kompetensi Minimum (AKM), survei karakter, dan survei lingkungan belajar.

Dalam rangka mendukung program pemerintah tersebut, sejak Agustus panitia penyelenggara kegiatan Assesmen Nasional di SMP IT Ar-Risalah gencar melakukan sosialisasi kepada warga sekolah. Tentunya, persiapan pun terus dilakukan agar kegiatan dapat terlaksana dengan baik.

Kegiatan ini akhirnya dapat terlaksana dengan baik pada hari Rabu dan Kamis, 6-7 Oktober 2021 dengan diikuti oleh 45 Siswa/i SMP IT Ar-Risalah sebagai peserta AKM yang terpilih secara acak sebagai sampel. Selama kegiatan berlangsung, protokol kesehatan tetap diterapkan sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus di masa pandemi. Khusus untuk siswa/i, terdapat dua kompetensi mendasar yang diukur AKM yaitu, literasi mebaca dan literasi matematika (numerasi). Baik pada literasi membaca dan numerasi, kompetensi yang dinilai mencakup keterampilan berpikir logis-sistematis, kemampuan bernalar menggunakan konsep pengetahuan yang telah dipelajari, serta keterampilan memilah dan mengolah informasi.

Selain AKM, SMP IT Ar-Risalah telah melaksanakan dua instrumen lainnya, yaitu survei karakter dan survei lingkungan belajar. Dua instrument tersebut diperuntukkan bagi siswa/i dan guru. Harapan setelah terlaksananya kegiatan tersebut adalah seluruh tujuan program Assesmen Nasional dapat tercapai dengan baik di lingkungan SMP IT Ar-Risalah.

“Alhamdulillah, Assesmen Nasional telah kami lalui. Pelaksanaannya lacar, meskipun baru pertama kali dilaksanakan pada tahun ini. Selama persiapan sampai pada pelaksanaan, kami merasa bersemangat sekali karena program ini bertujuan sebagai pembuktian mutu sekolah. Sehingga, ketika hasilnya sudah keluar, kami mampu melakukan evaluasi untuk meningkatkan mutu sekolah.” Ujar Bapak Ahmad Sajili selaku Kepala SMP IT Ar-Risalah.

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan

Penulis : Media Center Pesantren Ar-Risalah Cariu

Tulisan Lainnya

Oleh : Media Center Pesantren Ar-Risalah Cariu

Vaaksinasi siswa/i SMK IT Ar-Risalah Cariu

Oleh : Media Center Pesantren Ar-Risalah Cariu

VAKSINASI SISWA/I SMK IT AR-RISALAH

MAPS PESANTREN

INFO PESANTREN

PESANTREN AR-RISALAH CARIU

NSPN : -
Jalan Raya Jonggol - Cariu Desa Nyomot, Kp. Tegal Panjang - Bogor Timur - Indonesia
TELEPON 021-89960022
EMAIL arrisalahcariu@gmail.com
WHATSAPP +62 878-6974-3819