Wednesday, 20-10-2021
  • Ahlan Wa Sahlan, Selamat Datang Di Website Resmi Pondok Pesantren Ar-Risalah Cariu

“UJIAN UNTUK BELAJAR BUKAN BELAJAR UNTUK UJIAN”

Diterbitkan : - Kategori : Artikel Santri

Agenda ulangan“kita menuntut ilmu untuk menjadi orang baik, bukan orang yang bisa menjawab pertanyaan ujian saja. ujian untuk belajar bukan belajar untuk ujian. Jangan salah kaprah.”

K.H Hasan Abdullah Sahal.

Masih saja sering kita temukan problematika dalam kesaharian proses pendidikan. Pelajar menganggap belajar hanya untuk bisa menjawab soal-soal mata pelajaran yang diujikan. Padahal, makna pelajar lebih dari itu. Kata-kata Pimpinan Pondok pesantren Gontor sangat menyentuh dan menginspirasi, banyak kejadian hidup yang harus kita maknai, dan tugas tersebesar kita hidup pun untuk mekmanai hidup. Seluruh aspek yang kita lakukan berawal dari sebuah pemikiran. Perlakuan yang salah karena dari pemikiran yang salah pula. Maka kita harus tata pemikiran dengan rapi dan benar. “kita belajar untuk menjadi orang baik.” Dizaman yang modern ini banyak kita temukan orang yang pintar sekali, namun akhlak dan kelakuannya tidak mencermikan kepintarannya. Banyak orang yang merelakan sikap kejujurannya, hanya demi sebuah angka yang tinggi.

Pondok pesantren arrisalah, sesuai kalender akademik pendidikan, menyelenggarakan kegiatan Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil yang dimulai dari tanggal 30 November 2020 – 5 Desember 2020 dan ulangan pondok 7_10 Desember 2020.

Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil adalah kegiatan yang dilakukan untuk meng­ukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester ganjil. Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua Kompetensi Dasar (KD) pada semester tersebut.atau hanya pelajaran umum saja.

Setelah kegiatan P.A.S para santri kemudian melanjutkan perjuangan di Medan ulangan pondok yang Meliputi :

1.Ulangan tulis

2.Ulangan Praktek Ibadah

3.Ulangan Qiroatul Kutub

Para santri di tuntut ekstra belajar dengan harapan agar menjadi santri yang berkualitas dan berguna bagi masyarakat dengan menguasai berbagai disiplin ilmu pengetahuan dan ilmu Amaliah.

Hasil penilaian akhir semester selanjutnya diolah dan dianalisis untuk menge­tahui ketuntasan belajar peserta didik. Hasil penilaian ini dapat dimanfaatkan untuk program remedial, pengayaan, dan pengisian rapor.

Setelah rangkain ulangan selesai para santri juga masih harus berjibaku menghafal doa doa pilihan dan surat surat pendek yang sudah di tentukan oleh ustadz nya untuk mendapatkan tiket pulang liburan.

Semoga dari rangkaian ujian ini para santri belajar mengambil hikmah untuk terus sungguh sungguh dalam menuntut ilmu sebagai bekal di masa yang akan datang.

Aamiin.


 

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan

MAPS PESANTREN

INFO PESANTREN

PESANTREN AR-RISALAH CARIU

NSPN : -
Jalan Raya Jonggol - Cariu Desa Nyomot, Kp. Tegal Panjang - Bogor Timur - Indonesia
TELEPON 021-89960022
EMAIL arrisalahcariu@gmail.com
WHATSAPP +62 878-6974-3819